Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Makin Macet, 8 Persen Sopir Truk Mengundurkan Diri

Kompas.com - 22/11/2013, 18:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Sekjen Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Akbar Djohan mengungkapkan sampai saat ini 8 persen supir truk mengundurkan diri dari pekerjaannya.

Hal ini terjadi karena kemacetan yang semakin parah dan sistem angkutan barang logistik di pelabuhan masih kacau. "Banyak supir truk yang nggak mau jadi supir truk lagi," ujar Akbar Djohan, Jumat (22/11/2013).

Dia menjelaskan jika infrastruktur jalan dan persiapan pelabuhan belum benar, supir truk mengaku tidak merasa produkif dalam bekerja. Kendati banyak supir truk mengundurkan diri, namun tidak menurunkan produktifitas pelabuhan.

"Penurunan tidak tapi keterlambatan, sektor truk tidak tumbuh," ungkap Djohan.

Menurut Djohan, logistik nasional harus menjadi perhatian utama pemerintahj. Selama ini logistik nasional belum memiliki induk regulator yang dinilai menjadi penghambat.

"Urusan logistik, ada di Kementerian Perhubungan, Perdagangan dan Kementerian Informasi dan Komunikasi. Secara koordinasi masih tumpang tindih," papar Djohan. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com