Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Indonesia Tetap Terapkan Kebijakan Ketat pada 2014

Kompas.com - 25/11/2013, 21:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesai (BI) menilai current account deficit (CAD) alias defisit neraca transaksi berjalan masih terlalu tinggi meskipun tingkat defisitnya mengalami penurunan.

Seperti yang diketahui, defisit neraca transaksi berjalan turun dari kuartal pertama sebesar 4,4 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) menjadi 3,8 persen di kuartal tiga.
 
Menurut BI, tingkat defisit neraca berjalan yang paling ideal adalah di bawah 3 persen, bahkan kalau perlu mencapai 2 persen. Deputi Gubernur Senipr BI Mirza Adhityaswara mengatakan, target CAD tahun 2014 sebesar 3 persen. Kondisi tersebut dengan asumsi dampak kenaikan BI rate di bulan November sebesar 7,5 persen sudah dirasakan.
 
Dengan begitu, jika tahun depan kondisi ekonomi makro tidak sesuai harapan, maka target CAD bisa saja meleset. Hal ini berarti BI akan tetap mengeluarkan kebijakan moneter ketat sebelum CAD menyentuh level yang dianggapnya ideal.

“Bauran kebijakan termasuk pengetatan suku bunga akan dikeluarkan untuk merespon seandainya tidak tercapai,” ujar Mirza, Senin (25/11/2013) di Jakarta.
 
Hanya saja, Mirza juga bilang, pihaknya akan mempertimbangkan setiap kebijakan yang dikeluarkannya terhadap pasar keuangan dan perbankan. Bank sentral tidak ingin ada kredit yang bermasalah, oleh karenanya perbankan harus mulai memperlambat pertumbuhan kreditnya. Jangan sampai nilai kredit yang dijaminnya berada di bawah kemampuan.

Mirza juga berharap pemerintah ikut aktif menurunkan CAD. Sebab kebijakan moneter saja tidak cukup kuat untuk menurunkan defisitnya. Menurutnya, selain dengan mengeluarkan kebijakan yang berpengaruh terhadap tingkat impor, pemerintah juga bisa mengeluarkan kebijakan yang mengurangi ketergantungan pengusaha terhadap jasa asuransi asing.

Selain itu, pemerintah juga diminta untuk menggenjot pendapatan dari sektor patriwisata. Menurutnya pendapatan dari sektor pariwisata akan menggenjot devisa. (Asep Munazat Zatnika)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com