Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indocement Anggarkan Belanja Modal Rp 4 Triliun pada 2014

Kompas.com - 28/11/2013, 17:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) sekitar Rp 4 triliun pada tahun 2014 mendatang.

Direktur Keuangan Indocement Tju Lie Sukanto mengatakan anggaran belanja modal tersebut akan digunakan untuk pembangunan pabrik perseroan. Adapun sumber dana berasal dari internal perseroan.

"Belanja modal tahun depan, kalau proyek berjalan bagus, antara Rp 4 triliun sampai Rp 5 triliun. Ini digunakan untuk pembangunan pabrik semen terintegrasi berkapasitas produksi 4,4 juta ton di Citeureup. Dananya dari internal," kata Sukanto dalam konferensi pers Investor Summit and Capital Market Expo 2013 di Jakarta, Kamis (28/11/2013).

Dengan kondisi perekonomian yang tak menentu dan posisi nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dollar AS, Sukanto mengatakan kondisi tersebut tidak hanya berdampak pada perseroan saja. Namun, hal itu merupakan tantangan bagi industri secara keseluruhan.

"Biaya produksi kami 50 persen bergantung pada dollar AS. Tapi untungnya kita tidak punya utangbdalam mata uang asing. Kondisi rupiah seperti ini bukan saja tantangan bagi kami atau industri semen, tapi bagi industri secara keseluruhan," ujarnya.

Terkait produksi, Sukanto menyatakan perseroan tahun depan akan menambah kapasitas produksi di pabrik di Citeureup. "Produksi tahun depan akan ada kapasitas produksi finish mill yang berkapasitas 10 juta ton di Citereup," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com