Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Akuisisi Blok Migas di Aljazair

Kompas.com - 29/11/2013, 07:38 WIB


NUSA DUA, KOMPAS.com
- PT Pertamina (Persero) menuntaskan transaksi dengan ConocoPhillips untuk mengakuisisi unit bisnisnya di Aljazair, ConocoPhillips Algeria Limited, dengan total nilai 1,75 miliar dollar AS sehingga perusahaan itu menguasai hak partisipasi 65 persen di Blok 405a. Hal ini sebagai bagian dari strategi pemerintah untuk meningkatkan produksi minyak nasional.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, dalam jumpa pers pada pertemuan menteri-menteri energi dan sumber daya mineral ASEAN mengenai perkembangan mineral, Kamis (28/11/2013), di Nusa Dua, Bali, mengatakan, Pemerintah Indonesia terus mendorong PT Pertamina untuk mengakuisisi blok-blok migas di luar negeri.

”Ini untuk meningkatkan lifting (produksi siap jual) minyak. Hasil produksi minyak dari blok yang diakuisisi itu akan dicatat sebagai produksi minyak Indonesia,” kata Wacik.

Secara terpisah, Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan, di Jakarta, menjelaskan, akuisisi skala besar itu memberikan Pertamina minyak mentah kualitas tinggi dalam jumlah signifikan dan merepresentasikan capaian kunci pada upaya ekspansi bisnis hulu migas internasional perseroan itu. (EVY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com