Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keamanan Bagasi Pesawat Ditingkatkan

Kompas.com - 30/11/2013, 18:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tangan-tangan jahil, yang sering membongkar dan mengambil barang dalam bagasi penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, masih terus beraksi.

Rombongan wartawan, yang baru tiba seusai meliput otomotif di Jepang, mengeluh koper mereka rusak di bagian kunci. Sebelumnya Woro (45), penumpang dari Palu, mengaku kehilangan ponsel yang disimpan dalam kopernya.

Menurut Hotasi Nababan, Presiden Direktur PT Cardig Aero Service, yang menangani penumpang dan bagasi di Bandara Internasional SoekarnoHatta melalui anak perusahaan PT Jasa Angkasa Semesta, pihaknya sudah berupaya mencegah terjadinya pencurian dan kehilangan barang dalam bagasi.

Namun, dia menjelaskan, yang menangani bagasi tidak hanya perusahaannya saja, tetapi banyak pihak.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri Sunoko mengatakan, pemeriksaan bagasi di Soekarno-Hatta tidak dilakukan dengan buka paksa. ”Pemeriksaan dilakukan dengan mesin X-ray. Apabila petugas merasa perlu memeriksa fisik barang, koper akan dibuka di depan pemilik koper,” jelas Tri. (ARN)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com