Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Defisit Neraca Transaksi, Kebijakan Energi Harus Jelas

Kompas.com - 02/12/2013, 19:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Defisit neraca transaksi berjalan masih harus menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Kepala Ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti mengatakan seharusnya pemerintah dapat mengambil langkah antisipasi akibat tingginya impor minyak.

Pemerintah, kata dia, diharapkan dapat lebih berperan dalam menekan defisit tersebut melalui penerbitan kebijakan fiskal.

"Perlu kebijakan energi yang jelas dari pemerintah. Defisit transaksi berjalan kita sudah besar, pemerintah harus mengharmonisasi kebijakannya dengan kebijakan BI," kata Destry di Jakarta, Senin (2/12/2013).

Lebih lanjut Destry mengatakan, faktor yang menyebabkan tingginya defisit neraca transaksi berjalan adalah impor migas. Ini menyebabkan kebijakan moneter BI menjadi tak banyak berpengaruh terhadap defisit.

"Jadi, apa pun yang dilakukan Bank Indonesia melalui kebijakan moneternya tidak akan mengubah banyak current account deficit," ujar dia.

Destry juga mengatakan bahwa pergerakan rupiah juga dipengaruhi defisit neraca transaksi berjalan. Ia mengatakan pada periode 2005 hingga 2006 terjadi defisit neraca transaksi berjalan, namun hanya berlangsung selama 1 triwulan sehingga rupiah cepat pulih. Begitu pun pada periode yang sama tahun 2008 hingga 2009.

"Sekarang yang terjadi adalah current account deficit sudah masuk ke 8 triwulan. Kami perkirakan defisit itu masih akan terus terjadi, walaupun mungkin secara rasio akan lebih kecil di 2014-2015. Tapi paling tidak 6 triwulan ke depan kita masih defisit," kata Destry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com