Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas di Pasar Asia Berfluktiatif

Kompas.com - 09/12/2013, 15:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga emas dunia bergerak fluktuatif setelah jatuh ke level terendah dalam lima bulan terakhir di Asia, pada hari ini (9/12/2013).

Mengutip data Bloomberg, harga kontrak emas untuk pengantaran cepat naik dan turun setidaknya 0,3 persen sebelum akhirnya diperdagangkan di posisi 1.229,98 dollar AS per troy ounce pada pukul 15.00 waktu Singapura.

Sementara itu, harga kontrak emas untuk pengantaran Februari tak banyak mencatatkan perubahan di posisi 1.228,70 dollar AS per troy ounce di Comex, New York, setelah sebelumnya turun ke posisi 1.210,10 dollar AS per troy ounce pada 6 Desember lalu. Ini merupakan level terendah sejak 5 Juli lalu.

Harga emas bergerak liar setelah investor mempelajari adanya kemungkinan dilakukannya pengurangan nilai stimulus AS pada bulan ini setelah pasar tenaga kerja AS mencatatkan pertumbuhan melampaui prediksi pada November.

"Kuatnya data tenaga kerja AS meningkatkan kemungkinan bahwa the Fed akan memangkas stimulusnya pada bulan ini," jelas Wang Xiaoli, chief investment strategist CITICS Futures Co.

Dia menambahkan, semakin banyak investor yang berpikir the Fed akan segera memangkas stimulus, maka harga emas akan terus menurun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com