Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Syariah Bukopin Berencana IPO

Kompas.com - 09/12/2013, 16:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Bukopin berniat melepas sebagian sahamnya ke pasar melalui mekanisme penawaran umum saham perdana (initial public offerings/IPO).

Aksi ini akan mengikuti langkah sang kompetitor, Panin Syariah, yang sedang bersiap untuk melantai setelah melakukan public expose pada minggu lalu.

Riyanto, Direktur Utama Bank Syariah Bukopin, mengatakan opsi IPO akan memberikan dampak yang baik bagi perseroan. Terlebih Unit Usaha Syariah (UUS) dari PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) ini sudah memiliki aset yang lebih baik ketimbang Panin Syariah.

"Secara aset kami baik, laba bersih juga lebih banyak kami (Ketimbang Panin Syariah), tidak menutup kemungkinan kami akan melakukan IPO," jelasnya, Senin (9/12/2013).

Riyanto menambahkan, opsi IPO sendiri merupakan langkah untuk mengembangkan usaha Bank Syariah Bukopin. Meskipun, perseroan juga bisa tumbuh secara organik.

"Dari sisi pendapatan, kami cukup baik, modal inti menuju BUKU II dapat kita penuhi melalui pendapatan kami sehingga kami gak butuh dana IPO untuk modal inti," jelasnya.

Riyanto menambahkan, jika mau IPO maka harus ada persetujuan antara pemegang saham. Dalam hal ini BBKP sebagai induk usaha harus merestui keputusan itu.

"Itu tergantung induk usaha, sampai sekarang belum ada rencananya, mungkin bisa dalam satu atau dua tahun ke depan," jelasnya. (Arif Wicaksono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com