Jawa Tengah Luncurkan Kartu Petani Perkebunan - Kompas.com

Jawa Tengah Luncurkan Kartu Petani Perkebunan

Kompas.com - 10/12/2013, 14:34 WIB
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Ilustrasi perkebunan teh

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meluncurkan Kartu Petani Perkebunan yang memungkinkan petani perkebunan memperoleh akses fasilitas pertanian dari pemerintah.

Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Jawa Tengah Tegoeh Wynarno menyatakan Kartu Petani Perkebunan ini diluncurkan sesuai gagasan dari Gubernur Jawa Tengah. Adapun idenya berdasarkan dari Single Identity Number.

"Ini bukan sekedar kartu biasa, tapi berfungsi multiguna karena bisa terintegrasi dengan KTP, ATM, dan bisa mengakses fasikutas pemerintah seperti saprodi (bantuan alat-alat pertanian)," kata Tegoeh di Agrowisata Banaran, Semarang.

Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengapresiasi diluncurkannya kartu ini. Menurutnya, persoalan yang terjadi di lapangan adalah identifikasi calon penerima bantuan alat-alat pertanian. Persoalan itu, kata dia, selalu menimbulkan masalah atau dispute.

"Dengan menggunakan kartu petani tadi, itu sudah katakanlah by name, address, kemudian biodata senja ada di situ di chipnya itu sehingga nanti apapun program bantuan yang diberikan baik oleh pemerintah pusat pemerintah daerah itu tidak perlu lagi repot-repot menyiapkan data lagi segala macam. Semua sudah permanen di situ," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Soedjatmoko mengungkapkan dalam acara puncak Hari Perkebunan Nasional hari ini (Selasa, 10/12/2013) merupakan soft launching Kartu Petani Perkebunan. Kartu tersebut, kata dia, akan dibagikan secara bertahap di seluruh kabupaten di Jawa Tengah.

"Yang jelas kami bertahap. Kami mau semuanya tapi tidak bisa sekaligus. Jadi ini semacam soft launching, belum menyeluruh. Jadi nanti sambil berjalan sambil kita evaluasi yang sudah berjalan. Ini tahap pertama, berikutnya Januari, dan seterusnya," ujar Heru.


EditorBambang Priyo Jatmiko

Close Ads X