Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

General Motors Lepas dari "Bailout" Pemerintah AS

Kompas.com - 10/12/2013, 21:22 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pabrikan otomotif AS, General Motors Co. (GM), telah berhasil lepas dari bailout Pemerintah AS, setelah lebih dari 5 tahun perusahaan tersebut mendapatkan bantuan pendanaan dari pemerintah negara itu.

Lepasnya GM dari "cengkeraman" Pemerintah AS terjadi seiring dengan penjualan saham terakhir yang dilakukan oleh Departemen Keuangan. Selama ini, pabrikan otomotif itu mendapakan hujan kritik karena memperoleh fasilitas dana dari pemerintah.

Bailouts yang dilakukan antara Presiden George W. Bush dan Barack Obama telah membantu perseroan dari kebangkrutan dan likuidasi pada 2009, sekaligus memberikan kehidupan baru pada perusahaan otomotif itu.

“Ini adalah tahap terakhir untuk menyelamatkan perekonomian dalam skala besar, melalui dukungan terhadap industri otomotif," jelas Sekretaris Departemen Keuangan AS, Jacob J. Lew, Senin (9/12/2013) sebagai.

Dalam proses bailout, GM diuntungkan oleh kondisi perusahaan yang tidak memiliki banyak utang, upah karyawan yang tidak terlalu membengkak, serta fokus pada merek yang paling kuat. Di sisi lain, Pemerintah AS mengumumkan kerugian sebesar 10,5 miliar dollar AS pada bailout terhadap GM, dari dana yang disuntikkan senilai 49,5 miliar dollar AS.

Adapun investor yang membeli saham GM yang dilepas Pemerintah AS di antaranya Warren Buffett lewat perusahaan investasinya Berkshire Hathaway Inc. dan State Street Corp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com