Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NAM Air Bakal Terbang Pertengahan Bulan Ini

Kompas.com - 11/12/2013, 20:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai terbaru, Nam Air akhirnya mendapat restu dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk beroperasi pada 19 Desember 2013. Setelah sempat mundur selama 2 bulan, anak usaha PT Sriwijaya Air ini resmi mengantongi sertifikat operator penerbangan atau air operator certificate (AOC) dari Kemenhub.

Direktur Utama PT Nam Air Jefferson Jauwena mengatakan sebelum beroperasi untuk penerbangan reguler, pihaknya melaksanakan penerbangan perdana Rabu ini (11/12/2013) dengan rute Jakarta - Pangkalpinang.

Nantinya, maskapai ini akan mengoperasikan rute Jakarta – Pontianak, Yogyakarta – Pontianak, Palu – Luwuk, Surabaya – Palu, Surabaya – Pangkalanbun dan Semarang – Pangkalanbun. Perusahaan ini sudah menyiapkan dua pesawat Boeing 737-500 dengan kapasitas 120 kursi. Namun, Jefferson masih enggan mengungkapkan rencana penambahan armada.

Meski baru beroperasi pekan depan, tiket untuk penerbangan perdana sudah mulai dipasarkan sejak akhir pekan lalu. Agus Soedjono Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air mengatakam sejauh ini tingkat pemesanan untuk Nam Air sudah mulai terlihat. Namun ia tidak bersedia mengungkapkan target penumpang dari anak usaha anyar ini. "Target kami adalah bisa terbang. Mungkin load factor sekitar 87 persen-90 persen," kata Agus.

Menurutnya, baik Nam Air dan Sriwijaya Air bakal membidik target serupa, yakni pasar medium. Dengan strategi ini, ia klaim bakal lebih menguntungkan konsumen. Jika Sriwijaya Air akam menyasar rute ibukota propinsi di seluruh Indonesia maka Nam Air akan melayani rute lanjutan ke wilayah tingkat kotamadya atau kabupaten.

Sebelumnya,  Presiden Direktur Sriwijaya Air, Chandra Lie, mengungkap alasan mengapa anak usaha Sriwijaya Air yang juga bergerak di jasa penerbangan diberi nama NAM Air.

"NAM, ini nama orang tua saya. Orang tua inilah yang membesarkan kami, membesarkan keenam bersaudara ini," kata Chandra dalam Grand Launching NAM Air beberapa waktu lalu. (RR Putri Werdiningsih)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com