Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Pranowo Kritik Menaker soal Pengupahan

Kompas.com - 12/12/2013, 19:13 WIB
Estu Suryowati

Penulis


SOLO, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku, tingkat pengangguran di Jawa Tengah kini minim. Hal itu seiring dengan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) baru-baru ini.

Sejumlah pabrik, paling banyak garmen, diakuinya telah banyak yang pindah Jawa Tengah. "Tak ada lagi pengangguran di sini sekarang," kata Ganjar lewat teleconference, di hapadan peserta seminar Indonesia Eximbank, Solo, Kamis (12/12/2013).

Kendati demikian, kenaikan UMP juga mengancam kelangsungan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerahnya. Ia menuturkan untuk mengatasi persoalan UMP ini, pemerintah pusat, kementerian terkait dan daerah harus memiliki konsensus bersama.

Menurutnya, pola pengupahan yang diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) tak bisa diberlakukan seluruh sektor. "Bagaimana nasib UMKM? Kalau sesuai itu, semua UMKM mampus," tutur Ganjar. "Ini tidak bagus untuk investasi," kata dia lagi.

Lebih lanjut ia mengatakan, Permenakertrans bisa diterapkan bagi industri besar. Namun, ia berharap aturan itu tidak diberlakukan bagi UMKM. "Kalau itu bisa diperbaiki, Jateng bisa jadi tempat paling seksi untuk investasi," pungkasnya.

Sebagai informasi, hingga semester 1 2013, nilai ekspor nonmigas Jawa Tengah mencapai 2,393 juta dollar AS, atau naik 6,78 persen dibanding periode sama tahun lalu yang sebesar 2,241 juta dollar AS.

Komoditas unggulannya yakni garmen, kayu olahan, benang, dan wooden furniture dengan tujuan ekspor terbesar Amerika Serikat, Thiongkok, Jepang, Jerman, dan Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com