Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segmen Asuransi Kendaraan Bermotor Masih Mendominasi Pasar

Kompas.com - 13/12/2013, 17:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menyebut setidaknya ada tiga lini asuransi yang tetap mendominasi pasar industri asuransi umum Indonesia di tahun 2014 mendatang, salah satunya asuransi kendaraan bermotor.

"Tiga besar asuransi, yaitu asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti, dan asuransi kesehatan masih tetap mendominasi di tahun 2014," kata Direktur Eksekutif AAUI Julian Noor pada konferensi pers laporan kinerja asuransi umum dan reasuransi di kantornya, Jumat (13/12/2013).

Terkait dengan asuransi kendaraan bermotor, Julian mengatakan terdapat sebuah fenomena di masyarakat Indonesia di mana mereka cenderung membeli mobil atau sepeda motor karena alasan emosional. Tren model menjadi alasan mereka.

"Fenomena masyarakat Indonesia kadang unik dalam pembelian kendaraan bermotor. Kalau harga naik, mereka akan stop sebentar dulu lalu beli. Setiap ada model baru langsung beli. Kecenderungannya mereka membeli karena alasan emosional," ujar dia.

Julian menjelaskan, hingga kuartal III-2013, premi bruto asuransi umum mencapai Rp 33,9 triliun, meningkat 18,7 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

"Pertumbuhan terbesar pada premi bruto secara nominal dicapai lini usaha asuransi kendaraan bermotor dengan kenaikan sebesar Rp 1,2 triliun," ungkapnya.

Adapun terkait klaim bruto, asuransi kendaraan bermotor menempati posisi kedua peningkatan tertinggi dengan peningkatan sebesar Rp 978 miliar. Peningkatan tertinggi klaim bruto secara keseluruhan terjadi pada lini asuransi kecelakaan dan kesehatan sebesar Rp 1 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com