Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, Berharap IHSG "Rebound" Terdorong Asia

Kompas.com - 17/12/2013, 07:36 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan berpotensi mengalami pembalikan arah positif secara teknikal pada perdagangan Selasa (17/12/2013). Future pergerakan bursa saham di kawasan regional Asia yang naik pagi ini diharapkan turut mendorong IHSG.

Bursa saham Wallstreet mengawali pekan dengan kenaikan di tengah penantian pasar pada pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) Bank Sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve, pada pertengahan pekan. Rapat diperkirakan memutuskan waktu pelaksanaan pengurangan stimulus moneter.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,82 persen, Indeks S&P500 menguat 0,63 persen, dan Indeks Komposit Nasdaq naik 0,71 persen. Sementara pada perdagangan Senin (16/12/2013), IHSG ditutup turun 48,87 poin (1,17 persen) ke level 4.125,96 dengan jumlah transaksi sebanyak 10,1 juta lot atau setara dengan Rp 6,5 triliun.

Investor asing tercatat melakukan penjualan bersih di pasar reguler sebesar Rp 204 miliar dengan saham yang paling banyak dijual antara lain BBRI, PGAS, BBCA, MNCN, dan ASII. Mata uang rupiah terapresiasi ke Rp 12.105 per dollar AS.

Riset Asjaya Indosurya Securities memerkirakan rentang IHSG pada hari ini ada di level 4.101–4.174. Perkembangan pergerakan IHSG menjebol support 4.147 dan mulai mengarah ke  support berikutnya di level 4.101. Namun potensi penurunan terasa sudah sangat melemah dengan kecenderungan akan terjadi technical rebound menuju resistance terdekat 4.174.

Secara umum IHSG masih dalam pola downtrend dan hari ini potensi kenaikan IHSG masih bersifat technical rebound. Proyeksi saham pilihan meliputi ISAT, CMNP, EXCL, ITMG, INDF, dan BBNI.

Sementara secara teknikal, menurut riset KDB Daewoo Securities, IHSG masih berada di area support 4.072 dan 4.191. Penurunan pekan lalu, stochastic yang melemah serta volume transaksi yang lebih kecil dari akhir pekan lalu memberikan efek negatif terhadap IHSG.

Resistance indeks diperkirakan ada di 4.287. Untuk perdagangan hari ini kembali terlihat peluang technical rebound dengan rekomendasi trading buy. Adapun saham-saham yang dapat diperhatikan adalah BBRI, LSIP dan PGAS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com