Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daerah Integrasikan Jamkesda ke BPJS Kesehatan

Kompas.com - 17/12/2013, 10:58 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menkokesra Agung Laksono menyampaikan, saat ini sudah ada 107 kabupaten/kota yang terintegrasi dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Per 1 Januari 2014, sebanyak 2.340.000 peserta Jamkesda langsung bergabung ke dalam kepesertaan JKN," kata Agung, di Jakarta, Selasa (17/12/2013).

Agung hari ini membuka secara resmi workshop nasional "Integrasi Jamkesda ke dalam SJSN dan Persiapan Peluncuran BPJS". Dalam sambutannya, ia juga menyampaikan integrasi Jamkesda ke JKN bertujuan mempercepat pencapaian universal coverage yang rencananya rampung pada 2019. Namun, kata dia, target universal coverage tersebut bisa jadi lebih cepat. Pasalnya, baru-baru ini dia telah menugaskan Ketua DJSN untuk mengadakan penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Aceh (JKA).

"Alhamdulillah, DJSN bersama Kementerian Kesehatan dan PT Askes berhasil merumuskan kesepakatan bahwa JKA akan berintegrasi ke dalam JKN mulai 1 Januari 2014," ucap Agun.

Selaku Menkokesra, kata Agung, ia berharap BPJS ini dapart bekerja dengan baik. Menurut Agung, hasil BPJS Kesehatan ini akan secara nyata menyumbang indeks kesejahteraan rakyat (IKRAR).

"Bila 3 tahun belakangan ini nilai IKRAR kita menanjak perlahan, maka dengan beroperasinya BPJS Kesehatan saya yakini indkes kita akan beranjak signifikan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com