Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serikat Pekerja Ancam Mogok, Dirut Pelindo II Tak Gentar

Kompas.com - 17/12/2013, 11:12 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Pelindo II, RJ Lino tak gentar dengan ancaman mogok dari serikat pekerjanya. Rencananya mogok kerja akan dilakukan jelang hari raya Natal, pada 23-24 Desember 2013. Lino menegaskan, operasional pelabuhan tetap akan berjalan seperti biasanya meski sejumlah karyawannya mogok.

"Coba saja, mereka bisa enggak buktikan kalau mau mogok kerja. Mereka itu sebenarnya mau ngajak para karyawan lain untuk ikut mogok juga, tapi enggak bisa," ujarnya ditemui usai RDP, di Jakarta, Senin malam (16/12/2013).

Lino juga mengatakan, lantaran tak mungkin terjadi mogok dalam eskalasi yang besar, serikat 'pura-pura' menghimbau agar jangan terjadi mogok.  "Silakan saja kalau mereka mau lakukan itu, coba buktikan kalo mereka bisa. Toh hari ini mereka juga enggak kerja kok, tapi aktivitas pelabuhan berjalan seperti biasa," kata Lino.

Sebagai informasi, rencana aksi mogok tersebut adalah buntut dari mundurnya sejumlah direksi.

Ditemui usai memimpin RDP, Azam Azman Natawijana, anggota Komisi VI DPR RI mengatakan, Lino harus menyelesaikan masalah internal perusahaan. Pasalnya, Pelindo II adalah salah satu gerbang utama ekonomi Indonesia.

Ia mengatakan sebelum RDP dimulai, salah seorang dari serikat pekerja sudah memberitahu bahwa akan terjadi mogok kerja pada 23-24 Desember 2013. "Kita sudah minta jangan mogok. Ini kan bukan masalah kalah menang," pungkas Azam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com