Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dr Doom: Fed Tak Akan Pernah Mengakhiri Stimulus

Kompas.com - 18/12/2013, 11:18 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com -The Federal Reserve akan mengakhiri pertemuan rutinannya bulan Desember pada hari ini (18/12/2013). Sejumlah pelaku pasar memprediksi, the Fed akan memutuskan untuk memangkas stimulus the Fed senilai 85 miliar dollar AS, dan mengakhirinya pada akhir 2014. Sementara, sejumlah analis lain meramal, the Fed baru akan mengurangi nilai stimulus pada awal 2014 dan baru mengakhiri seluruhnya pada 2015.

Optimisme pelaku pasar terhadap pemangkasan nilai stimulus the Fed didasarkan pada data ekonomi AS yang kian membaik.

Namun, Marc Faber yang dikenal sebagai  Dr Doom, punya pandangan tersendiri. "The Fed tidak akan mengakhiri program quantitative easing (stimulus moneter) selamanya. Mereka akan terus melanjutkan program ini. Sebab, sekali program ini diluncurkan, maka akan terus dijalankan seterusnya," jelas Faber, pengarang buku Gloom, Bloom & Doom.

Faber menambahkan, pemulihan ekonomi AS akan genap memasuki tahun kelima pada Juni tahun depan. Lalu, pada satu titik, ekonomi AS akan kembali melemah. "Pada titik itu, Fed akan kembali berargumen bahwa mereka belum cukup memberikan stimulus. Mereka akan melakukan lebih banyak lagi," urainya panjang lebar.

Sekadar informasi, the Fed akan mengumumkan keputusannya pada pukul 12.30 siang waktu Washington. Baru kemudian disusul pidato Pimpinan the Fed Ben S Bernanke pada pukul 14.30 waktu setempat. (Barratut Taqiyyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com