Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perfoma Pasar Obligasi Tahun 2013 Buruk

Kompas.com - 19/12/2013, 20:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Performa pasar obligasi Indonesia tahun 2013 buruk, dan bisa dibilang paling jelek dalam sejarah.

Head of Fixed Income Research PT Mandiri Sekuritas Handy Yunianto mengatakan karena euforia investment grade serta adanya aliran modal masuk yang kencang, yield surat utang negara (SUN) jadi sangat rendah.

Pada saat itu yield rata-rata hanya 5 persen. Akibatnya, saat ada beberapa faktor yang mendorong kenaikan suku bunga pada tahun 2013, seperti inflasi, kenaikan BI rate, dan pelemahan rupiah menyebabkan investor meminta bunga yang lebih tinggi.

"Kalau kita bicara rata-rata harga obligasi tahun 2013 itu turun sekitar 13 persen. Tapi biasaya kalau pasar misalkan harganya sudah turun, yield-nya kan jauh lebih menarik," ujar Handy, Kamis (19/12/2013).

Tahun 2014 mendatang, lanjut Handy, bila inflasi rendah, maka secara historis pasar obligasi juga akan bagus. Di samping itu, prediksi defisit neraca transaksi berjalan yang menurun berarti juga akan berdampak positif bagi paar obligasi.

"Karena kalau kita bicara yield, yield-nya sudah menarik. Buat investor asing, dia akan melihat currency risknya. Kalau currency risk sudah membaik tentu inflow itu kita harapkan masih akan masuk di tahun 2014," jelas Handy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com