Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Data Kependudukan, BRI Buka Layanan "E-Banking Hybrid"

Kompas.com - 20/12/2013, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk meluncurkan E-Banking Hybrid Lounge pertamanya di Pacific Place Mall, pada hari ini, Jakarta, Jumat 20 Desember 2013. Layanan tersebut adalah yang terbaru dari perseroan, yang dilengkapi dengan layanan e-channel dan fasilitas self service banking.

Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali menjelaskan mesin hybrid adalah mesin yang memudahkan masyarakat dalam melakukan pembukaan rekening tabungan, yang juga menggabungkan teknologi ATM, CDM, Kiosk dan Electronic Form.

Cukup dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada  e-KTP sebagai sumber informasi data nasabah yang telah terkoneksi dan terintegrasi langsung dengan system informasi Kementerian Dalam Negeri.

Menurut Ali, BRI merupakan bank pertama mengimplementasikan NIK pada e-KTP sebagai sumber data nasabah dalam proses pembukaan rekening tabungan.

"Mesin Hybrid ini dapat mempercepat pembukaan Tabungan BRI BritAma hanya dalam waktu 4 menit," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (20/12/2013).

Saat ini BRI memiliki 45 juta rekening. Adapun jumlah kartu debit yang beredar mencapai 20 juta kartu, pengguna e-Banking sebanyak 10 juta user dengan jumlah transaksi sebanyak 1,3 miliar  serta nilai transaksi sebesar Rp 900 triliun per November 2013.

Selain itu, lounge ini juga akan dilengkapi dengan layanan BRI lainnya seperti pembukaan rekening giro, deposito, aplikasi kartu kredit dan aplikasi layanan BRI prioritas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com