Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Defisit Perdagangan 2014 Diperdiksi 5 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 20/12/2013, 21:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan pemerintah memperkirakan defisit perdagangan luar negeri Indonesia tahun 2014 tidak jauh berbeda dengan tahun 2013 ini yakni berada pada kisaran angka 5 miliar dollar AS.

Hal itu terjadinya karena kinerja perdagangan luar negeri Indonesia sepanjang tahun 2014 nanti tidak akan mengalami perubahan yang signifikan dari kinerja perdangangan tahun ini dan tahun lalu.

Gita menyampaikan perkiraan itu ketika ditemui di Istana Kepresidenan Bogor usai mendampingi Presiden menerima kunjungan para pengusaha Jepang yang dipimpin mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda, Jumat (20/12/2013).

"Trade balance hampir sama dengan 2013 sekitar 370 miliar dollar AS- 380 miliar dollar AS. Keseluruhan defisit bisa sama dengan tahun ini, bisa 5 miliar dollar AS secara net, tapi itu tekanan kurang lebih sekitar 10 miliar dollar AS dari defisit minyak dan gas bumi (migas)," tutur Mantan Kepala BKPM ini.

Gita bilang, kebutuhan migas merupakan faktor utama yang menyebabkan pertumbuhan aktivitas perdagangan di luar negeri Indonesia masih tetap stagnan tahun depan. Ia memperkirakan nilai impor masih tetap lebih dominan atau melonjak pada tahun 2014.

Peningkatan tersebut dipicu dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang dollar Amerika Serikat (AS). Saat ini nilai tukar rupiah sudah berada di kisaran Rp 12.200 per dollar AS.(Noverius Laoli)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com