Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Isu Terpa Perekonomian Indonesia pada 2013

Kompas.com - 06/01/2014, 15:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri mengungkapkan, pada dasarnya terdapat dua isu utama yang menerpa tidak hanya perekonomian Indonesia selama 2013.

Kedua isu tersebut adalah isu tapering off stimulus moneter AS dan defisit transaksi berjalan. Kabar pengurangan stimulus ini secara langsung memukul perekonomian Indonesia yang dampaknya pun signifikan.

"Isu eksternal adalah tapering off oleh Federal Reserve, di mana Ben Bernanke sudah menyebutkan bahwa langkah pertama tapering sudah diambil dengan 10 miliar dollar AS," kata Chatib pada konferensi pers di Kantor Kementerian Keuangan, Senin (6/1/2014).

Lebih lanjut, Chatib menjelaskan, dampak langsung pengumuman kebijakan pemangkasan stimulus oleh bank sentral AS tersebut langsung terasa. Dalam sebulan terakhir ada pressure di exchange rate, pasar saham, dan obligasi.

"Kondisi dunia yang normal adalah kondisi dunia tanpa tapering off. Itu implikasinya yield akan naik, rupiah akan mengalami tekanan, stock market akan mengalami tekanan. Ini sudah mulai terjadi, tapi ternyata kelihatannya market sudah price in, sehingga tekanan rupiah bisa di Rp 12.200 itu mudah-mudahan ini berlangsung terus tidak seperti bayangan awal," ujar Chatib.

Adapun isu internal yang masih menghantui perekonomian Indonesia adalah defisit neraca transaksi berjalan (current account deficit). "Kita sudah bicarakan tentang (topik defisit neraca transaksi berjalan) sejak Agustus dan sudah ada langkah (menekan defisit)," kata Chatib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com