Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Terbitkan "Global Bond" Terbesar Dalam Sejarah

Kompas.com - 08/01/2014, 15:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com
- Pemerintah mengumpulkan dana sebesar 4 miliar dollar AS dari penjualan obligasi global. Jumlah itu adalah yang terbesar dalam sejarah sekaligus menyamai dengan yang pernah diterbitkan Korea Selatan guna menarik modal asing dan mengembalikan nilai tukar mata uang yang belakangan ini terpuruk.

Dalam penjelasannya hari ini, Rabu (8/1/2014), surat utang yang dirilis pemerintah terdiri dari 2 miliar dollar AS obligasi global bertenor 10 tahun dengan kupon 5,95 persen dan 2 miliar dollar AS dengan jangka waktu 30 dengan imbal hasil 6,85 persen.

Sebagaimana diketahui, nilai tukar rupiah anjlok 21 persen pada tahun lalu menjadi 12.240 per dollar AS setelah cadangan devisa tinggal bawah 100 miliar dollar AS. Sementara itu, defisit transaksi neraca berjalan mendorong Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan sebesar 1,75 persen sejak awal Juni guna memperlambat ekonomi dan mengurangi impor .

"Indonesia harus menawarkan imbal hasil yang layak dengan mempertimbangkan ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga, ujar " Mika Martumpal , kepala penelitian dan strategi treasury di PT Bank CIMB Niaga sebagaimana dikutip dari Bloomberg.

Sementara itu, Menteri Keuangan M. Chatib Basri menyebutkan penerbitan surat utang tersebut untuk mengantisipasi dampak pengurangan stimulus oleh Federal Reserve.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com