Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halim Jadi Bandara Komersial, Mantan KSAU Protes

Kompas.com - 08/01/2014, 16:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat penerbangan yang juga mantan Kepala Staf Angkatan Udara Chappy Hakim menilai keputusan pemerintah memindahkan sebagian penerbangan komersial ke Bandara Halim Perdanakusuma bukanlah langkah yang tepat.

Menurutnya, Bandara Halim memiliki fungsi strategis pertahanan sehingga tidak tepat jika digunakan untuk melayani penerbangan komersial. "RI berinvestasi besar di HLM (Halim) untuk pertahanan udara nasional, beli satu skuadron pesawat baru, terus disuruh minggir hanya untuk tampung tumpahan dari SHIA (Bandara Soekarno-Hatta)," cetusnya dalam tweet-nya, Rabu (8/1/2014).

Untuk itu, dia menentang langkah yang menomorduakan pertahanan udara RI hanya karena pertimbangan komersial. "Walau sendirian, saya tetap menentang prioritas pertahanan udara RI dinomorduakan hanya untuk izin maskapai yang cari duit! Di mana Harga Diri?" imbuh Chappy.

Menurutnya, pemindahan sebagian penerbangan ke Bandara Halim Perdanakusuma merupakan akibat dari manajemen yang "ugal-ugalan". Saat dikonfirmasi mengenai isi tweet-nya itu, Chappy Hakim sedang melaksanakan rapat.

Sebelumnya, Menhub EE Mangindaan berjanji akan menyiapkan sejumlah strategi untuk mengatasi padatnya Bandara Soekarno-Hatta. Pemindahan sebagian penerbangan ke Bandara Halim hanyalah langkah jangka pendek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com