Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi "Booming" Penumpang Udara, Bandara Changi Tambah Terminal

Kompas.com - 09/01/2014, 14:59 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com
- Singapura akan terus meningkatkan kapasitas bandara Changi hingga dua kali lipat dalam jangka waktu 10 tahun ke depan dengan membangun dua terminal baru-yaitu terminal 4 dan 5-lantaran pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik mendorong banyak orang bepergian dengan pesawat.

Menteri Transportasi Singapura Lui Tuck Yew menuturkan, Bandara Changi ditargetkan bisa meningkatkan kapasitasnya sebesar 5 persen per tahun. Sejauh ini bandara tersebut menjadi bandara tersibuk kedua untuk lalu lintas penumpang asing di kawasan Asia.

Untuk membangun terminal 4, Singapura menggelontorkan dana sebesar 1 miliar dollar AS. Pembangunan rencananya dimulai pada 2017, dan diharapkan terminal penumpang baru itu bisa menampung 16 juta penumpang per tahun.

Sementara terminal 5 akan dibangun setelah terminal 4, dan mampu menghandle 50 juta penumpang per tahun.

“Kami perlu meningkatkan kapasitas terminal. Anda bisa melihat, pendapatan warga negara di kawasan Asia Tenggara meningkat pesat dalam rentang yang luas," ujar Lui, sebagaimana dikutip dari Bloomberg, Kamis (9/1/2014).

Dia menyebutkan, dari Vietnam hingga Indonesia, belasan maskapai penerbangan murah telah melayani banyak penumpang. Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi akan mendorong permintaan penerbangan melebihi demand penumpang di Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com