Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Soetta Bangun 1 "Runway" Baru, 10 Desa Tergusur

Kompas.com - 10/01/2014, 15:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hingga saat ini pemerintah belum ingin membangun landasan 3 di Bandara Soekarno-Hatta. Pasalnya, ada banyak kendala yang harus dihadapi dalam pembangunan landasan 3 tersebut.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menjelaskan, untuk bisa membangun landasan 3, pemerintah harus membebaskan lahan seluas 800 ha. Di dalam lahan tersebut, pemerintah juga harus menggusur 3 kecamatan dengan 10 desa di dalamnya.

"Untuk membangun landasan 3 harus membebaskan tanah 800 hektar itu menyangkut 10 desa dan 3 kecamatan," ujar Dahlan di bilangan Kedoya, Jumat (10/1/2014).

Selain itu, anggaran yang dibutuhkan untuk membangun landasan 3 Bandara Soekarno-Hatta membutuhkan anggaran Rp 40 triliun. Dengan dana investasi sebesar itu, Dahlan menilai pembangunan landasan 3 belum terlalu dibutuhkan.

"Nah, kalau Bandara Soekarno-Hatta dengan 2 landasan bisa 90 kali penerbangan, urgensi bangun landasan ketiga enggak perlu lagi," ungkap Dahlan.

Dahlan pun mengaku pesimistis dengan rencana pembangunan landasan 3 akan selesai dalam waktu lima tahun, mengingat kendala yang sangat banyak. Untuk itu, Dahlan lebih memilih landasan 2 penggunaannya harus maksimal.

"Saya tidak optimis bisa terlaksana dalam waktu 5 tahun," papar Dahlan. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com