Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Tunggu Pemerintah, Bulog Diminta Stabilkan Harga Pangan

Kompas.com - 21/01/2014, 18:51 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Menko Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa meminta Perum Bulog untuk bertindak tanpa harus menunggu permintaan pemerintah.

BUMN tersebut juga diwajibkan memberikan laporan mengenai daerah yang kekurangan pasokan komoditas pangan.

“Jangan tunggu perintah, begitu ada gangguan pasar, langsung intervensi pasar. Dan saya minta laporan itu setiap sore. Saya bilang sama Dirut Bulog, jangan menunggu perintah. Itu sudah terganggu suplai langsung bekerja,” kata Hatta ditemui usai membuka Indonesia Investor Forum 3, di Jakarta, Selasa (21/1/2014).

Selain menyoroti risiko terganggunya pasokan bahan pangan akibat cuaca ekstrem, Hatta mengatakan, pemerintah juga mencermati distribusi bahan bakar minyak (BBM).

Sebagaimana diketahui, akibat ombak besar Kementerian Perhubungan sesuai keputusan dari masing-masing syahbandar memberikan maklumat untuk tidak berlayar sementara waktu.

Memang, lanjut Hatta, lantaran maklumat tersebut, beberapa daerah seperti Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan mengalami gangguan pasokan, baik pangan dan BBM. Ia memastikan, pemerintah bakal mencukupi ketersediaan baik makanan maupun bahan bakar, karena jika tidak akan terjadi kenaikan harga.

“Kita mungkin akan minta bantuan TNI untuk bisa menyuplai bahan makanan dan bahan bakar,” jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com