Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Remitansi BNI Capai 84 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 23/01/2014, 17:45 WIB

Division Head Senior Vice President BNI, A. Firman Wibowo mengungkapkan nilai itu terdiri dari kiriman yang masuk ke Indonesia (incoming) sebesar 40 miliar dollar AD dan kiriman dari Indonesia ke luar negeri mencapai 44 miliar dollar AS.

"Nilai transfer yang masuk dan keluar hampir sama. Jika dana masuk kebanyakan dari para tenaga kerja Indonesia yang berada di luar negeri, sebaliknya, dana yang keluar berasal dari para ekspatriat yang bekerja di Indonesia," ujarnya kepada Kompas.com, di sela-sela menerima penghargaan dari Alpha Southeast Asia, Kamis (23/1/2014).

Selain dari ekspatriat, dana yang keluar adalah dari para orang tua yang menyekolahkan anaknya ke luar negeri. Jumlah tersebut tak kalah banyak jika dibandingkan dana ekspatriat yang keluar.

Dari bisnis remitansi yang dijalankan, BNI berhasil meraup laba bersih Rp 226 miliar pada akhir 2013. Tahun ini, perolehan laba tersebut ditargetkan naik 20 persen, menyusul ekspansi yang akan dilakukan perseroan.

"Kami akan membuka kantor remitansi yang baru maupun menambah jumlah di negara yang sudah ada sebelumnya. Kantor remitansi yang baru akan kami buka adalah Korea Selatan, karena banyak tenaga kerja Indonesia yang bekerja di sana," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com