Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini IHSG DIbayangi Koreksi

Kompas.com - 27/01/2014, 07:10 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan kembali diuji kekuatannya memasuki pekan terakhir di bulan pertama 2014, Senin (27/1/2014). Indeks diproyeksikan menunggu sentimen dari bursa saham di kawasan Asia di tengah peluang rebound.

Namun, sentimen negatif datang dari jebloknya bursa Wall Street menutup pekan lalu yang turun hingga 2 persen setelah sejumlah analis menyatakan bursa AS mengalami overvalue sejak tahun lalu.

Indeks Dow Jones Industrial Average jatuh 1,96 persen; Indeks S&P500 turun 2,09 persen dan Indeks Komposit Nasdaq jeblok 2,15 persen. IHSG sendiri menutup pekan lalu dengan penurunan cukup dalam sekitar 1,31 persen.

IHSG menyentuh level 4.480 (level tertingginya) di awal sesi pertama dan menyentuh level 4.437 (level terendahnya) jelang preclosing dan juga ditutup di level itu. Namun, IHSG masih tercatat menghijau sepanjang sepekan kemarin.

Sepanjang pekan kemarin, investor asing masih tercatat beli dengan nilai Rp 803,25 miliar, lebih rendah dari pekan sebelumnya yang melakukan aksi beli senilai Rp 3,27 triliun.

Riset Asjaya Indosurya Securities memerkirakan rentang hari ini indeks di level 4.419-4.485. Koreksi yang terjadi pada IHSG saat ini sifatnya dinilai masih sehat dan normal dikarenakan di sela sela kenaikan akan selalu terdapat masa koreksi.

Terlihat potensi untuk menjajal support pada level 4.419 . Namun, jika bertahan tidak menjebol level 4.433 maka arah IHSG menunjukkan kecenderungan untuk kembali melanjutkan kenaikan. Indeks menuju resistance tujuan pada level 4.494 dengan titik konfirmasi awal pada level 4.485.

Proyeksi saham pilihan adalah ANTM, AKRA, CMNP, EXCL, MPPA, BBNI, ADRO, TBIG dan SIMP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com