Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Retail Bangun SPBU Khusus Motor

Kompas.com - 27/01/2014, 11:50 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Retail pada tahun ini bakal membangun 10 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) khusus untuk sepeda motor. Anggaran yang disiapkan untuk ini lebih kurang Rp 60 miliar.

"Saya boleh mengatakan jumlah motor lebih banyak dari mobil. Sehingga Pertamina memandang sudah saatnya kita bangun SPBU kecil untuk motor," kata Direktur Utama Pertamina Ritel, Toharso, ditemui di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (27/1/2014).

Ia mengatakan, diprediksikan pada 2014 ini jumlah mobil sekitar 10 juta unit. Sementara, jumlah sepeda motor hampir 60 juta unit. SPBU mini ini sedianya sudah berdiri satu unit di Kampung Hulu, Bekasi Timur.

Saat ini, kata Toharso, ada satu dispenser yang siap dioperasikan. "Tinggal isi minyak dan ijin operasinya. Dispensernya baru satu nanti bisa dikembangkan dua," kata Toharso.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk membangun satu SPBU mini diperlukan investasi antara Rp 700 juta hingga Rp 1 miliar. Itu pun tanpa memasukkan biaya atau harga tanah. Pasalnya, harga tanah di tiap-tiap daerah berbeda, dan juga tergantung dengan lokasinya.

"Kita siapkan anggaran Rp 60 miliar. Titiknya akan kita cari lokasi yang banyak kendaraan bermotor, Jakarta, Jawa Tengah, dan sebagainya. Untuk ukurannya sebetulnya 700 meter persegi cukup. Nanti (di situ) selalu ada Bright Store dan ganti oli," ucap Toharso.

Sementara Manajer Non Fuel Marketing Pertamina Retail, Budi Aji menambahkan, target sales (penjualan) untuk setiap satu SPBU mini minimal 6 KL sampai 7 KL per hari. "Ini lagi trial, kita baru lihat keekonomiannya. Makanya mau dibangun sendiri dulu, belum gandeng swasta. 6-7 KL baru BEP lah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com