Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wamendag: Pasar Baik Harus Penuhi Syarat Bersih dan Sejahterakan Pedagang

Kompas.com - 28/01/2014, 13:45 WIB
Suhartono

Penulis


SRAGEN, KOMPAS.com - Untuk menjadi pasar rakyat yang baik dan modern, pengelola pasar harus memenuhi 7 syarat utama. Selain menjaga kebersihan, segar, sehat, higinies dan ramah lingkungan, pasar juga harus taat hukum dan ukur dalam timbangan sehingga tak merugikan pembeli, serta memberikan kesejahteraan.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi saat meresmikan Hari Pasar Bersih Nasional (HPBN) ke-6 yang digelar Yayasan Danamon Peduli bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat di Pasar Bunder, Sragen, Jawa Tengah, Selasa (28/1/2014).

"Pasar juga peduli dengan konsumennya, selain juga harus mampu mempromosikan produknya sendiri serta menjaga identitas budayanya sendiri serta menciptakan omzet perdagangannya naik sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan pedagan dan mereka yang ada di pasar," ujar Bayu.

Menurut dia, pasar yang baik tak hanya fisiknya semata, tetapi juga harus dilengkapi dengan tempat jajanan pasar atau kuliner dan wisata bagi pengunjungnya. "Misalnya, pengelolaan sampah bisa menjadi obyek wisata di pasar rakyat," lanjutnya.

Dalam acara itu hadir Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Wilfried Hasiholan Purba, Direktur Operasional Bank Danamon Indonesia Tbk Muliadi Rahardjo, Direktur Adira Finance Swandajani Gunadi serta Executif Director Yayasan Danamon Peduli Bonaria Siahaan dan Wakil Bupati Sragen Daryanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com