Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gita Wirjawan: Petinggi Facebook Senang Banget!

Kompas.com - 29/01/2014, 20:37 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perdagangan Gita Wirjawan berbagi cerita kunjungannya selama di Davos, Swiss, pekan lalu. Sebagaimana diberitakan, di sela-sela gelaran World Economic Forum (WEF) 2014 pada Jumat (24/1/2014) waktu setempat atau Sabtu (25/1/2014) waktu Indonesia, ia bertemu dengan salah seorang petinggi jejaring sosial media Facebook.

"Orang kedua Facebook, wanita itu bernama Sheryl Sandberg, dia happy banget dengan perkembangan Facebook di Indonesia," kata Gita ditemui di Senayan, Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Ia menceritakan bahwa si Chief of Operating Officer (COO) Facebook itu sangat senang lantaran banyak perempuan Indonesia yang aktif di Facebook. Mengutip Sheryl, aktivitas di media sosial ini menunjukkan sekaligus bisa meningkatkan pemberdayaan kaum perempuan.

"Dari segi pendanaan, peran, bahkan sampai di pemerintahan," lanjut peserta konvensi Partai Demokrat itu.

Sebagaimana diberitakan, dalam kesempatan bertemu dengan Gita, tangan kanan Mark Zuckerberg itu meminta pendapat mengenai proses politik dan sosial di Indonesia yang relevan dengan masa depan dunia maya di negara berpenduduk terbesar ke-4 ini.

Sheryl memandang Indonesia sebagai negara yang menyenangkan bagi Facebook. Selain itu, ia ingin mendalami peraturan nasional menyangkut definisi layanan publik dan delokalisasi dalam kerangka pengelolaan dunia maya di Indonesia.

Sheryl mengupas penyelenggaraan sistem elektronik untuk layanan publik, seperti Facebook, Google, dan Yahoo, dan menempatkan pusat data di Indonesia. Dia pun menilai aturan yang diberlakukan di Indonesia perlu ditata secara kondusif guna mendorong peran positif kemajuan dunia maya bagi kepentingan masyarakat.

Dari catatannya, walaupun dengan bandwith terbatas, pengguna Facebook di Indonesia mencapai 65 juta orang dan terus bertambah setiap tahunnya. Indonesia juga merupakan negara pengguna Facebook terbesar ke-4 di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com