Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2014, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Merpati Nusantara Airlines meminta maaf kepada para calon penumpang yang gagal terbang dan berjanji akan membayar kembali uang para calon penumpang yang telanjur dmembayar tiket.

Riswanto, VP Corp Secretary Merpati mengatakan,  pihaknya akan bertanggungjawab terhadap masalah tersebut.

"Merpati akan bertanggung jawab dalam penanganan pelanggan dengan beberapa langkah yaitu  pengalihan kepada penerbangan lain serta para penumpang  dapat melakukan refund tiket dalam waktu 30 hari kerja dari tanggal pembatalan," kata Riswanto dalam keterangan persnya, Rabu (29/1/2014).

Meski demikian, Riswanto membantah Merpati telah stop beroperasi. Menurutnya, maskapai BUMN tersebut masih menjalankan operasi penerbangannya.

Saat ini Merpati sedang menjalankan proses “Restrukturisasi dan Revitalisasi” kepada Pemerintah, dimana didalamnya adalah program Kerjasama Operasi (KSO), Spin off, Divestasi, Konversi Hutang Menjadi Saham, mendirikan anak perusahaan di dalamnya termasuk melakukan restrukturisasi rute.
 
"Sebagai konsekuensi dari restrukturisasi rute adalah untuk sementara waktu akan berdampak terhadap dilakukannya pengurangan rute di beberapa kota tujuan yang ada. Perubahan beberapa rute ini tentunya juga akan berdampak kepada pelayanan dan kenyamanan pelanggan," ujarnya.

Rabu kemarin, sejumlah penerbangan Merpati dikurangi sehingga membuat calon penumpang kelabakan. Di Makassar, akibat kecewa dengan maskapai tersebut dan tidak ada kejelasan refund, sejumlah calon penumpang mengamuk dengan mencorat-coret kantor cabang Merpati Ujungpandang dengan cat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com