Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kado Ulang Tahun Facebook untuk Investor

Kompas.com - 30/01/2014, 11:06 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Facebook Inc mengumumkan kinerja kinclong, Rabu (29/1/2014) waktu setempat. Ini sekaligus sebagai kado ulang tahunnya yang ke-10 untuk para investor.

Perusahaan jejaring sosial ini, secara mengejutkan, membukukan pendapatan 2,58 miliar dollar AS di kuartal IV lalu. Nilai ini 44 persen lebih besar ketimbang periode Oktober-Desember tahun sebelumnya, dan mengalahkan perkiraan analis 2,35 miliar dollar AS.

Dengan demikian total pendapatan Facebook di tahun lalu mencapai 7,8 miliar dollar AS.

Labanya juga melejit 7 kali lipat, menjadi 523 juta dollar AS, atau 20 sen per saham. Di kuartal IV-2012, Facebook hanya membukukan laba 64 juta dollar AS atau 3 sen per saham.

Alhasil, harga Facebook melompat lebih dari 11 persen setelah perdagangan tutup, ke 53,53 dollar AS per saham. "Ini akhir yang bagus bagi Facebook," kata Mark Zuckerberg, Chief Executive Officer Facebook.

Beberapa poin yang menjadi highlight kinerja Facebook antara lain:
1. Facebook melihat lebih banyak interaksi yang terlibat di website. Sheryl Sandburg, Chief Operating Facebook bilang, pengguna fokus pada fitur percakapan real-time, dan diharapkan mendatang lebih banyak menarik pengguna kaum muda.

2. Jumlah pengguna yang mengakses Facebook dari layar perangkat mobile naik 49 persen di kuartal IV menjadi 556 juta akun. Zuckerberg juga berbicara kemungkinan perusahaan membuat aplikasi Facebook Messenger untuk memudahkan pengguna perangkat mobile.

3. Pendapatan iklan Facebook mencapai 1,2 miliar dollar AS. Di Black Friday saja, hari serba diskon sebelum Thankgiving, Facebook bisa mengumpulkan pendapatan 8 juta dollar AS.

4. Facebook saat ini menguji fitur iklan video, yang diperkirakan menarik lebih banyak uang bagi pengiklan yang ingin membuat mini-commercial di website.

5. Pertumbuhan Instagram membantu Facebook. Saat ini jumlah pengguna fitur jejaring sosial foto ini mencapai 150 juta. (Sanny Cicilia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com