Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berdayakan Ekonomi Kecil, Rusdi Kirana Deklarasikan NU Lion

Kompas.com - 30/01/2014, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Belum lama ini, Bos Lion Air Group, Rusdi Kirana bergabung ke Partai Kebangkitan Bangsa. Meski didapuk sebagai Wakil Ketua Umum, Rusdi mengaku memilih berkonsentrasi bukan dalam urusan politik tapi ekonomi.

Ditemui di sela perayaan Imlek di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (29/1/2014), Rusdi mengaku memilih konsentrasi ini karena latar belakangnya sebagai pengusaha. "Kalau untuk urusan politik, sudah banyak orangnya," ujar Rusdi terkekeh.

Gebrakan pertama yang dilakukan Rusdi untuk PKB dalam waktu dekat adalah mendklarasikan NU Lion yang bergerak dalam bidang perekonomian. Peresmiannya akan dilakukan bersama tokoh-tokoh PKB dan tokoh-tokoh Nahdliyin, sebutan akrab warga NU.

"Tujuan NU Lion adalah di bidang ekonomi. Kita akan siapkan dana Rp 1 triliun untuk UKM, tidak hanya seputar simpan pinjam. Kita punya kantor perwakilan di seluruh Indonesia, dan negara-negara Asia," terang Rusdi.

NU Lion, terang Rusdi, akan bergerak dalam penguatan masyarakat ekonomi yang pertama kali disasar adalah warga Nahdliyin. Nantinya, NU Lion akan membantu pemodalan, pendampingan, sekaligus pelatihan untuk sektor wirausaha.

Rusdi menerangkan, memang awal yang akan disasar adalah kalangan NU. Namun nantinya, akan berkembang untuk masyarakat lainnya. Ia beralasan, mengawali program ini di kalangan NU karena banyak dari warga Nahdliyin yang taraf perekonomiannya menengah ke bawah.

Tak hanya itu, untuk penguatan programnya, NU Lion akan bekerjasama dengan beberapa bank induk. "Jadi sekali lagi ini bukan hanya untuk warga Nahdliyin, tapi juga menyasar warga lainnya karena kita menganut paham pluralisme," tegas Rusdi.

Saat ini, potensi paling memungkinkan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat hanya lewat UKM. Di mana partisipasi warga dalam usaha kecil menengahnya selain dibantu dari pemodalan, juga bisa dibantu untuk pemasarannya.

"Kita ada website NU Lion, dari situ kita akan ditampilkan produk-produk UKM-nya. Contoh petani kembang, peternak sapi. Sederhananya kembang itu bisa kita jual tidak hanya seluruh Indonesia tapi juga bisa diekspor," katanya lagi.

Tak bisa dimungkiri, pengusaha kecil selama ini kerap menjadi korban para tengkulak ketika modal untuk mengembangkan bisnisnya cekak. Ia berharap, kiprah NU Lion salah satunya lewat pemodalan UKM bisa membantu warga yang ingin mengembangkan usahanya.

"Makanya kita akan memulai pertengahan Februari nanti NU Lion dengan moto: pendampingan, pelatihan dan pemodalan. NU Lion sifatnya memberikan pemodalan, pelatihan dan pemasaran. Termasuk distribusi," ucap Rusdi. (Yogi Gustaman)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com