Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moody's Turunkan Peringkat Utang Ukraina

Kompas.com - 01/02/2014, 05:46 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
WASHINGTON, KOMPAS.com - Perusahaan pemeringkat Moody's, Jumat (31/1/2014), menurunkan satu level rating utang Ukraina, merujuk situasi Ukraina yang mendekati krisis politik dan kekhawatiran atas kelanjutan dukungan keuangan Rusia untuk Ukraina.

Moody`s memangkas rating negara itu, masuk ke wilayah spekulatif, dengan rating CAA2 dari CAA1. Ekonomi Ukraina pun menurut Moody's sudah masuk ke "prospek negatif".

Indikator pertama downgrade ini menurut Moody's Investors Services adalah eskalasi dan meningkatnya kekerasan dalam krisis Ukraina, bermula dari demonstrasi damai di Kiev pada November 2013.

"Posisi pemerintah dan oposisi yang sama-sama berkeras dan menyebarnya protes anti-pemerintah telah meningkatkan kemungkinan krisis administrasi yang parah, berpotensi melibatkan kekosongan kekuasaan dan ketidakpastian politik yang berlarut-larut."

Indikator kedua, sebut Moody's adalah peningkatan tajam risiko untuk pembiayaan eksternal bagi kebutuhan mata uang asing, menyusul jatuhnya nilai tukar uang lokal. Adapun indikator ketiga adalah pertanyaan atas janji Rusia untuk membantu finansial Ukraina.

"Sementara kemampuan Bank Sentral Ukraina untuk mengelola depresiasi mata uang dapat terus mendapatkan keuntungan dari paket dukungan Rusia, eskalasi krisis telah meningkatkan risiko besar-besaran untuk konversi mata uang asing," kata pernyataan Moody's.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com