Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR: Redenominasi Rupiah Juga Harus Bisa Redam Inflasi

Kompas.com - 04/02/2014, 18:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Harry Azhar Aziz berharap, kebijakan redenominasi rupiah tidak hanya memangkas pecahan mata uang, tetapi juga harus mendukung upaya meredam inflasi.

"Saya sendiri meminta RUU Redenominasi Rupiah itu dikaitkan dengan dengan sistem pengendalian inflasi dan nilai tukar. Jadi bukan hanya pemotongan nominal," kata Harry kepada Kompas.com, Selasa (4/2/2014).

Harry menganggap pemotongan nominal menjadi tidak ada artinya bila hanya sekadar menyederhanakan nilai saja. Kebijakan pemerintah tersebut harus sejalan dengan upaya pengendalian inflasi dan pengelolaan nilai tukar rupiah.

Tertundanya pemberlakuan kebijakan tersebut dipandang Harry lantaran kemungkinan masih ada persoalan yang belum selesai. Kondisi ekonomi Indonesia yang belum stabil memang menjadi ganjalan belum terealisasinya kebijakan redenominasi rupiah.

Menanggapi pernyataan Bank Indonesia (BI) beberapa waktu lalu mengenai pentingnya kestabilan ekonomi untuk mewujudkan redenominasi rupiah, Harry mengatakan kondisi ekonomi saat ini memang belum stabil.

"Kalau memang BI menganggap seperti itu ya berarti tidak pantas sekarang ini (menjalankan redenominasi). BI berarti secara tidak langsung sebenarnya mendukung untuk tidak sekarang," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com