Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Harga Turun Salah, Naik juga Salah

Kompas.com - 17/02/2014, 14:52 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Perdagangan M Lutfi mendapat dua pesan penting dari Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Pertama, untuk menjaga kestabilan harga, dan kedua untuk meningkatkan nilai ekspor.

Lutfi mengatakan, untuk menjaga kestabilan harga di tengah kondisi penuh bencana seperti sekarang ini memang cukup sulit. Hal itu lantaran berkaitan dengan masalah suplai dan permintaan.

"Ini sesuatu yang sedang kita kerjakan. Mudah-mudahan dalam satu-dua hari bisa memetakan masalahna, dan konsolidasinya bagaimana," kata dia ditemui di Kantor Hatta Rajasa, Senin (17/2/2014).

"Begini, di tempat saya (Kementerian Perdagangan) ini masalahnya agak susah, turun salah, naik salah, bener bisa salah, apalagi salah," imbuhnya.

Masalah yang ditimbulkan paska erupsi Gunung Kelud misalnya, akan berdampak terhadap ketersediaan pangan. Namun, Lutfi mengatakan, pihaknya akan berusaha menyeimbangkan antara suplai dan permintaan, sehingga tidak terjadi lonjakan harga.

Sejauh ini ia belum mengetahui pasti berapa banyak penurunan pasokan pangan akibat erupsi Kelud. Demi menjaga kestabilan harga, tidak tertutup kemungkinan pemerintah akan kembali mengeluarkan izin impor untuk hortikultura, seperti cabai.

"Sekarang penting mana, mau harga mahal atau terjangkau? Kita ingin memproteksi produk dalam negeri, tapi pada saat yang bersamaan untuk mendapatkan harga terbaik itu ada interaksi yang mesti kita jaga bersama," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com