Senin, 24 November 2014

Ekonomi / Keuangan

ATM Khusus Bitcoin Akan Hadir di Indonesia

Senin, 17 Februari 2014 | 16:44 WIB
AFP Ilustrasi Bitcoin

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun Bank Indonesia (BI) telah menyatakan bitcoin dan mata uang virtual lainnya bukan merupakan alat pembayaran yang sah di Indonesia, namun penggunaan bitcoin di Tanah Air masih subur. Bahkan ATM (anjungan tunai mandiri) khusus untuk transaksi bitcoin pun akan hadir di Indonesia.

CEO Bitcoin Indonesia Oscar Dharmawan mengatakan saat ini perkembangan bitcoin di Tanah Air terus menunjukkan perkembangan. Bitcoin Indonesia melalui situs www.bitcoin.co.id adalah salah satu pemain besar operator bitcoin di Indonesia.

"Kami akan adakan ATM bitcoin seperti yang sudah ada di Singapura. Diperkirakan akan dibuka sebanyak 100 ATM bitcoin di seluruh dunia," kata Oscar di Jakarta, akhir pekan lalu.

Lebih lanjut, Oscar mengungkapkan kemungkinan lokasi penempatan ATM bitcoin yang akan dipilih adalah Jakarta dan Bali. ATM bitcoin ini pada dasarnya memiliki fungsi dan kegunaan yang serupa dengan ATM konvensional.

Di samping penyediaan ATM bitcoin, Oscar mengaku pihaknya juga berencana akan menerbitkan voucher deposit bitcoin yang dapat diperoleh melalui online maupun di toko-toko ritel.

"Proses deposit hanya bisa menggunakan layanan BCA. Nanti voucher akan terintegrasi dengan jaringan bitcoin dan beroperasi secara otomatis," ujar Oscar.

Seperti diberitakan, BI pada tanggal 6 Februari lalu telah menyatakan bahwa bitcoin dan uang virtual lainnya bukan alat pembayaran sah. BI mengatakan segala risiko terkait kepemilikan atau penggunaan bitcoin ditanggung sendiri oleh pemilik atau pengguna.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor : Erlangga Djumena