Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerugian Nelayan akibat Bencana Capai Rp 570 Miliar

Kompas.com - 21/02/2014, 20:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kerugian akibat bencana alam yang terjadi di Indonesia khususnya di sektor kelautan dan perikanan dari awal tahun hingga saat ini diproyeksikan mencapai Rp 570 miliar. Kerugian tersebut utamanya disumbang dari sektor tambak.

Sharif Cicip Sutardjo Menteri Kelautan dan Perikanan mengatakan, melihat seringnya bencana yang berdampak terhadap sektor perikanan dalam negeri maka pihaknya akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) di bawah eselon I. "Ini adalah sesuatu yang cukup mendesak," kata Cicip, Jumat (21/2/2014).

Untuk menangani persoalan bencana tersebut, KKP juga menggandeng pihak swasta. Salah satunya adalah dengan Tahir Foundation yang akan menyalurkan bantuan kepada nelayan dan petambak sebesar Rp 100 miliar dalam jangka waktu lima tahun.

Bantuan Tahir Foundation diperuntukkan bagi para nelayan dan petambak yang terkena musibah banjir di daerah sekitar Pantura Pulau Jawa dan wilayah lainnya di Indonesia dengan mempertimbangkan usulan dinas setempat.

Beberapa bentuk bantuan tersebut antara lain adalah pembangunan cool storage atau gudang pendingin, pabrik pengalengan ikan serta benur udang. "Kita ingin salurkan langsung ke petambak semoga dapat meringankan beban," kata Chairman dan Founder Mayapada Group, Dato' Sri Prof DR Tahir MBA. (Handoyo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com