Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semen Indonesia Resmikan Pabrik Pengemasan di Banjarmasin

Kompas.com - 26/02/2014, 13:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Semen Indonesia (Persero) mulai mengoperasikan pabrik pengemasan (packing plant) di Banjarmasin Kalimantan Selatan, yang berkapasitas 600.000 ton per tahun, dengan nilai investasi mencapai Rp 120 miliar.

Direktur Engineering & Project Semen Indonesia Suharto menuturkan pabrik yang mulai dibangun pada November 2012 itu memiliki 1 unit silo penyimpanan semen, yang dilengkapi dengan dua line semen bag dengan rotary packer dengan kapasitas 2.200 kantong per jam.

Selain itu, pabrik ini juga memiliki 1 line curah dengan kapasitas 120 ton per jam serta dilengkapi dermaga yang bisa disandari kapal dengan kapasitas sebesar 5.000 DWT.

"Pabrik pengemasan semen ini akan semakin memperkuat posisi Semen Indonesia di industri semen nasional di mana saat ini menguasai market share sekitar 44 persen," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (26/2/2014).

Suharto menyatalan pabrik pengemasan semen di Banjarmasin ini juga bisa semakin memperkuat bisnis ketersediaan pasokan semen di Kalimantan. "Ini adalah bagian dari strategi perseroan agar bisa semakin dekat dengan konsumen,” lanjutnya.

Pasar semen di Kalimantan berkembang menggembirakan. Sepanjang 2013, penjualan semen di Kalimantan mencapai 374,560 ton, meningkat 7,2 persen dibanding periode yang sama tahun 2013 sebesar 349,560 ton.

Pertumbuhan penjualan tersebut tercatat lebih tinggi di banding pertumbuhan semen di beberapa daerah lainnya di Indonesia. WIlayah Sumatera tercatat turun 1,0 persen, Nusa Tenggara turun 5,2 persen dan Maluku & Irian Jaya tumbuh turun 19,1 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com