Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Literasi Keuangan, OJK Gandeng Bank Muamalat

Kompas.com - 28/02/2014, 20:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Muamalat Indonesia ditunjuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyelenggara Program Literasi dan Edukasi Keuangan. Program tersebut diselenggarakan di Mall of Serang, Banten, Jumat (28/2/2014).

Sekretaris Perusahaan Bank Muamalat Meitra Sari mengatakan literasi dan edukasi keuangan memberikan manfaat besar bagi sektor perbankan. Ini karena masyarakat merupakan pengguna produk dan jasa perbankan.

"Dengan kata lain, Bank dan masyarakat saling membutuhkan satu sama lain, sehingga semakin tinggi tingkat literasi keuangan masyarakat, maka semakin banyak masyarakat yang akan memanfaatkan produk dan jasa perbankan," kata Meitra dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (28/2/2014).

Meitra mengungkapkan bagi Bank Muamalat, acara ini diharapkan dapat menjadi media promosi yang efektif untuk menjual produk dan layanan Bank Muamalat yang dapat berdampak pada peningkatan dana pihak ketiga (DPK) Bank Muamalat.

Sebagai lembaga jasa keuangan (LJK), lanjutnya, menjadi kewajiban bagi Bank Muamalat menyelenggarakan edukasi dalam rangka meningkatkan literasi keuangan kepada masyarakat. Program literasi dan edukasi keuangan ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi program cetak biru strategi nasional literasi keuangan Indonesia yang sebelumnya telah dilakukan oleh OJK.

Berdasarkan hasil survei OJK tentang tingkat literasi keuangan masyarakat, indeks literasi masyarakat Indonesia terhadap produk dan jasa perbankan diklasifikasikan menjadi not literate (tidak melek) sebesar 0,73 persen, less literate (kurang melek) 2,04 persen, sufficient literate (cukup melek) 75,44 persen dan well literate (melek) 21,80 persen. -----

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com