Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Februari 0,26 Persen

Kompas.com - 03/03/2014, 12:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi bulan Februari 2014 mencapai 0,26 persen. Adapun inflasi tahun kalender sebesar 1,33 persen dan secara year on year mencapai 7,75 persen.

"Inflasi komponen inti sebesar 0,37 persen. Ini di luar kebiasaan dimana inflasi bulan ini terbesar. Inflasi inti dari tahun ke tahun 4,57 persen. Biasanya lebih kecil, tapi bulan ini besar," kata Deputi Statistik Produksi BPS Adi Lumaksono di kantor BPS, Senin (3/3/2014).

Adi menjelaskan, dari 82 kota indeks harga konsumen (IHK), 55 kota tercatat mengalami inflasi dan 27 kota mengalami deflasi. "Inflasi tertinggi di kota Pontianak sebesar 2,73 persen. Ini karena efek angkutan udara karena ada perayaan Cap Go Meh," ujar Adi.

Sementara itu, tercatat 2 kota mengalami inflasi terendah, yakni kota Bandar Lampung dan Probolinggo yang tercatat sebesar 0,02 persen. Adapun deflasi tercatat di Sibolga, yakni -2,44 persen.

"Andil inflasi terbesar adalah makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,07 persen, terendah di kesehatan. Kelompok pengeluaran Februari 2014 adalah sandang 0,57 persen tertinggi, dan terendah transportasi, komunikasi, jasa keuangan 0,15 persen," jelas Adi.

Adi menjelaskan komponen inti menyumbang andil terbesar, yakni 0,26 persen. Adapun harga yang diatur pemerintah dari tahun ke tahun 17,57 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com