Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Hari Ini Masih Berpotensi Naik

Kompas.com - 05/03/2014, 07:42 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan akan bergerak variatif menguat pada perdagangan Rabu (5/3/2014). Sentimen eksternal mendorong daya beli pelaku pasar.

Bursa Wallstreet dengan cepat kembali rebound tajam pada tadi malam didorong oleh mulai meredanya ketegangan di Ukraina setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin menarik seluruh pasukannya kembali ke base camp. Indeks Dow Jones naik 227,85 poin atau 1,41 persen; Indeks S&P 500 naik 1,53 persen dan Indeks Komposit Nasdaq melesat 1,75 persen.

Krisis di Ukraina bermula ketika terjadi demonstrasi besar di negara itu untuk mengganti kepemimpinan yang menimbulkan aksi kerusuhan dan anarkis. Pemimpin Ukraina pro Rusia Victor Yanukovic pun dijatuhkan oleh demonstran.

Rusia melakukan intervensi untuk mengembalikan Victor Yanukovich ke jabatannya dengan mengancam akan menyerang pihak oposisi. Hal inilah yang ditentang Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Bursa Eropa sebelumnya juga ditutup menguat menyambut positif meredanya ketegangan politik di Ukraina. Indeks FTSE naik 1,72 persen, CAC melesat 2,45 persen dan DAX melejit 2,46 persen.

Riset Semesta Indovest memroyeksikan Bursa Indonesia hari ini akan kembali bergerak positif terimbas sentimen positif global setelah Rusia menarik kembali pasukannya itu. Saham-saham yang dapat diperhatikan hari ini antara lain INCO, ENRG, ASRI, TAXI dan PWON. (BEN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com