Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Dongkrak Penggunaan E-Channel Perbankan

Kompas.com - 06/03/2014, 19:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan riset Kadence International melaporkan jumlah pengguna e-channel di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal didorong oleh pertumbuhan jumlah pengguna internet dan smartphone.

Di samping itu, semakin banyak pula bank yang fokus pada fasilitas tersebut. Dari hasil riset Kadence International diketahui bahwa mobile banking merupakan jenis layanan perbankan yang paling banyak digunakan oleh nasabah, yakni 67 persen, disusul internet banking sebesar 54 persen dan phone banking 28 persen.

“Riset ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang  menjadi pertimbangannasabah dalam memilih layanan perbankan E-Channel, sekaligus mengelompokkan mereka berdasarkan jenis layanan yang digunakan," kata Associate Director Quantitative Kadence International Indonesia Fahmi Afandi dalam keterangan pers, Kamis (6/3/2014).

Fahmi menjelaskan, dalam memilih layanan E-Channel, selain reputasi bank, terdapat beberapa faktor utama yang menjadi pertimbangan nasabah, yaitu kecepatan akses, tingkat keamanan, kemudahan registrasi, dan mudah digunakan.

Di samping itu, meskipun telah menggunakan E-Channel, nasabah tidak meninggalkan ATM untuk melakukan transaksi.

“ATM masih memegang peranan penting dalam memberi layanan untuk kemudahan nasabah. Sementara untuk E-Channel, meski memiliki banyak keunggulan, nasabah masih berharap adanya peningkatan pada layanan berupa kemudahan dan kecepatan akses untuk internet dan mobile banking, serta kemudahan untuk dihubungi bagi phone banking,” ujar Fahmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com