Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, IHSG Masih Potensial Naik

Kompas.com - 07/03/2014, 08:36 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Sahan Gabungan (IHSG) masih mempunyai potensi untuk menguat di perdagangan akhir pekan ini, Jumat (7/3/2014). Investor asing diproyeksikan masih akan membelanjakan uang mereka untuk saham-saham unggulan.

Sentimen positif datang dari bursa global. Saham-saham pada bursa AS mayoritas ditutup menguat ditopang oleh data jobless claim yang turun terendah dalam tiga bulan.

Indeks Dow Jones naik 61,71 poin atau 0,38 persen, S&P 500 naik 0,17 persen namun Nasdaq turun 0,13 persen. Jobless claim turun ke level 323.000. Sementara itu pihak AS masih mencoba jalan keluar bagi krisis Ukraina khususnya Crimea, menentang referendum dan mendorong IMF membantu Crimea.

Bursa Eropa sebelumnya juga ditutup positif ditopang oleh aksi European Central Bank dan Bank of England yang kembali menahan suku bunga di level rendah. Indeks FTSE naik 0,55 persen, CAC naik 0,59 persen dan DAX naik 0,01 persen.

Kemarin IHSG kembali melanjutkan tren penguatannya, mengikuti kinerja bursa regional. Indeks naik sebesar 28 poin (0,62 persen) ke 4.687 setelah bergerak di kisaran 4.657-4.687. Investor asing membukukan aksi beli bersih (nett buy) Rp 621 miliar, sedangkan aksi beli bersih asing di pasar reguler dibukukan Rp 620 miliar.

Riset Semesta Indovest memerkirakan IHSG akan bergerak variatif dan konsolidasi setelah IHSG terus mengalami tren penguatan dan mulai overbought. Saham-saham yang dapat diperhatikan hari ini antara lain BBRI, ASRI, WSKT, KIJA dan BSDE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com