Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Penguatan Rupiah Menipis

Kompas.com - 11/03/2014, 08:48 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Mata uang Asia melemah pada perdagangan Senin (10/3/2014), namun rupiah masih menguat. Ruang penguatan itu hari ini terlihat mengecil seiring kenaikan indeks dollar AS.

Setelah data ekspor China diumumkan memburuk, hampir seluruh mata uang di Asia melemah terhadap dollar AS sampai sore kemarin. Akan tetapi rupiah yang sempat melemah berganti arah menjadi menguat.  Lelang SUN valas yang dilaksanakan kemarin menarik minat investor melihat penawaran yang mencapai dua kali dari target awal.  

Riset Samuel Sekuritas Indonesia melihat optimisme dari perekonomian domestik masih ada, namun ruang penguatan semakin terbatas. Dollar index mulai merangkak naik sampai dini hari tadi walaupun hanya tipis.

Siang ini perlu ditunggu pengumuman dari Bank of Japan serta Wholesale Inventories AS pada malam hari.

Rupiah masih melemah 17 persen secara tahunan tetapi membaik dari posisi Desember yang melemah 26 persen secara tahunan akibat perbaikan fundamental. Antara lain inflasi yang turun, defisit transaksi berjalan yang menipis dan pertumbuhan di atas 5,7 persen secara tahunan.

Riset Trust Securities menyatakan laju rupiah masih di bawah level resisten di Rp 11.374 per dollar AS. Hari ini diproyeksikan rupiah ada di rentang Rp 11.464-11.374 per dollar AS (kurs tengah BI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com