Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, Rupiah Menanti Pengumuman BI Rate

Kompas.com - 13/03/2014, 08:15 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah diproyeksikan mencoba menggapai penguatan pada perdagangan Kamis (13/3/2014). Sejumlah data terbaru, khususnya tingkat suku bung acuan Bank Indonesia atau BI rate, diperkirakan bakal menjadi sentimen penggerak rupiah.

Dari global, menurut analisa riset Samuel Sekuritas Indonesia, buruknya data China belum mampu dikonfirmasi oleh membaiknya data Amerika Serikat sehingga penguatan dollar AS tidak stabil. Dollar index terpangkas 0,13 persen sehingga hal itu menjadi momentum bagi mata uang Asia untuk kembali menguat hari ini.

Rupiah yang melemah kemarin juga bisa kembali menguat walaupun pengumuman BI rate bisa mendorong faktor lokal mendominasi faktor global. Riset Samuel masih melihat BI rate bisa dinaikkan lagi pada 2014 walaupun sepertinya bulan ini bukanlah waktu yang tepat.

Riset Trust Securities menyatakan investor dan pelaku pasar menunggu rilis pertemuan BI untuk menentukan level BI rate sejak kemarin. Para pengamat pasar valas memberikan indikasi BI rate akan bertahan di level 7,5 persen dan menahan laju penguatan rupiah. 

Laju rupiah melampaui level dukungan di level Rp 11.400 per dollar AS. Hari ini rupiah diproyeksikan berada di rentang level Rp 11.468-11.400 per dollar AS dalam kurs tengah BI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com