Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Tetap Waspadai Risiko Inflasi

Kompas.com - 13/03/2014, 19:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Inflasi bulan Februari 2014 tercatat cukup rendah, yakni 0,26 persen secara bulanan atau 7,75 persen secara tahunan. Namun demikian, Bank Indonesia (BI) tetap mewaspadai terjadinya risiko inflasi.

"Inflasi Februari 2014 berada dalam tren menurun sehingga semakin mendukung prospek pencapaian sasaran inflasi 2014 yakni 4,5 plus minus 1 persen," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara di Jakarta, Kamis (13/3/2014).

Tirta juga menjelaskan inflasi Februari juga menurun tajam dibandingkan inflasi Januari 2014 dan juga lebih rendah dari rata–rata inflasi dalam 5 tahun terakhir. Sekedar informasi, inflasi bulan Januari 2014 tercatat sebesar 1,07 persen secara bulanan atau 8,22 persen secara tahunan.

"Perkembangan positif tersebut tidak terlepas dari pengaruh berbagai kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam meminimalkan dampak lanjutan bencana alam sehingga inflasi volatile food Februari 2014 tercatat cukup rendah. Inflasi yang menurun juga dipengaruhi oleh terkendalinya nilai tukar rupiah, sehingga dapat meminimalkan dampak kenaikan harga komoditas global," ujar Tirta.

Dengan demikian, lanjut dia, dengan perkembangan inflasi sampai dengan Februari 2014 tersebut, maka inflasi 2014 diperkirakan masih dalam kisaran sasaran.

"BI akan tetap mencermati sejumlah risiko inflasi ke depan, termasuk potensi tekanan terkait dengan penyesuaian administered prices, dan akan terus memperkuat bauran kebijakan dan berkoordinasi dengan Pemerintah untuk memastikan inflasi tetap terkendali sesuai sasaran yang ditetapkan," papar Tirta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com