Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Jokowi "Nyapres" Sentimen Positif untuk Rupiah

Kompas.com - 15/03/2014, 16:37 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa mengatakan, kenaikan nilai rupiah sangat dipengaruhi oleh sentimen positif. Dan ia menilai, pencapresan Jokowi merupakan salah satu sentimen positif tersebut.

"Mudah-mudahan kalau ada yang deklarasi lagi, bisa naik lagi nilai rupiahnya," kata pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian itu usai Deklarasi Kampanye Berintegtitas Pemilu 2014, di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (15/3/2014).

Meski demikian, Hatta menyebutkan bahwa fenomena menguatnya rupiah telah terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Jadi, jauh sebelum Jokowi mengumumkan pencapresannya di Rumah Pitung, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat siang kemarin.

"Rupiah terus menguat selama beberapa bulan ini. Tentu ini fenomena bagus buat kita karena rupiah mencerminkan fundamentalnya," ujarnya.

Seperti diberitakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat signifikan, Jumat sore kemarin, tepatnya seusai Jokowi mendeklarasikan diri sebagai capres PDI Perjuangan. Indeks ditutup melompat sebesar 3,22 persen atau 152,47 poin menjadi 4.878,64. Demikian juga nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang menguat pada perdagangan sore hari kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com