Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Ajak Perusahaan Indonesia Melantai di Bursa

Kompas.com - 18/03/2014, 14:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap perusahaan-perusahaan di Indonesia masuk ke pasar modal dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hal ini sebagai salah satu upaya untuk mendorong peran pasar modal terhadap perekonomian Indonesia.

"Kami mengajak perusahaan Indonesia masuk ke pasar modal. Dengan penawaran umum tidak saja untuk menambah modal, dengan menjadi perusahaan Tbk, akan memperbaiki struktur modal dan meningkatkan kredibilitas," kata  Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida di Jakarta, Selasa (18/3/2014).

Di samping itu, sebut Nurhaida, dengan mencatatkan sahamnya di BEI, maka perusahaan juga dapat meningkatkan pengaturan tata kelola perusahaan alias GCG (good corporate governance). Ini lantaran saat sebuah perusahaan go public, maka akan diatur GCG-nya dan disejajarkan GCG-nya dengan yang berlaku di negara-negara lain.

"Dengan memanfaatkan pasar modal, kita berharap perusahaan-perusahaan Indonesia agar menjadi perusahaan yang sehat dan meningkatkan peran di pasar modal," ujar dia.

Nurhaida mengatakan pihaknya sangat berharap pemahaman perusahaa-perusahaan di Tanah Air tentang pentingnya meningkatkan peran pasar modal dan dapat lebih memahami peran go public bagi perusahaan.

"Masyarakat Ekonomi ASEAN akan diterapkan. Kita sangat dituntut untuk memiliki perusahaan yang sehat yang tumbuh dan berkembang dengan baik," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com